Senin, 11 September 2017

Menulis skripsi tu pada dasarnya gampang2 aja. jika kite serius, sebulan celar in syaa Allah. Hanya saja, kebanyakan mahasiswa udah gamang duluan karena dengar-dengar dari seniornya yang ngak siap-siap skripsinya.

Bahkah yang lebih menakutkan lagi bagi mahasiswa pemula klo dengar abang seniornya ngak selesai-selesai tu akripsi, bahkan nyampe dapat surat cinta dari kampus alias DO. Bahkan, pas si mahasiswa pemula ini tanya ke seniornya; kenapa belum wisuda bang? Abang letingnya jawab; "skripsi belum selesai dek." Tambah gundah dech si mahasiswa ini.

Yang lebih serius lagi, ada yang mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi itu harus pindah-pindah kampus. Udah capek kuliah di kampus A ngak selesai-selesai skripsinya, DO dan pindah kampus B, di kampus ini juga gitu, pindah lagi kampus C, ngak selesai juga, akhirnya yadah dech, gue cari kerja aja lah terus. Ngak da harapan lagi si mahasiswanya.

Tips dari ane ni buat mahasiswa yang baru saja memulai perkuliahan agar tidak terbentur nantinya pas penyelesaian tugas akhir:

Pertama; Berpikirlah bahwa menulis itu gampang.😊😊😊😊 Buktinya kite bisa buat beribu kata dengan beragam modelnya dalam status-status kita, baik di facebook, twitter, ig, path, bbm, dll. It's easy guy.

Kedua; Bacalah dan pahami panduan penulisan skripsi sesuai jurusan atau fakultas di mana kamu kuliah. Harus betul-betul paham ya guy. Paham di dalam kepala, bukan di luar kepala alias dalam buku. Hehehe.

Ketiga; Aplikasikan panduan penulisan skripsi yang ada di buku panduan itu dalam setiap tugas kuliah yang kamu ikuti. Seperti makalah, artikel, tugas rumah, dll. Kamu harus praktek sedari awal guy, agar ketika kamu mau nulis skripsi udah paham betul tata cara penulisan skrip. Ane guy, gegara aplikasikan kayak gini pernah ngak dikasih ujian final guy, bukan apa-apa guy, katanya makalah ane bagus, jadi ngak usah final lagi kata dosennya. Akhirnya pas final ane datang aja ke ruangan final, tanda tangan aja kertas absensi ujian, bistu langsung pulanh dech..hehhehe... Asik kan klo kayak gitu.

Keempat; Kamu harus sering baca skripsi orang juga guy. Membacanya dengan cermat, bagaimana formatnya, bagaimana analisisnya, jadi setiap babnya harus paham. Dan jika kamu udah paham sebelumnya panduan nulis skripsi yang benar, kamu bisa nilai skripsi yang kamu baca, apakah sudah sesuai atau masih kurang, atau jauh dari harapan. Jadi kamu harus baca sebanyak-banyak nya skripsi orang yang sesuai jurusan kamu tentunya. Di samping dapat memahami lebih dalam tata cara menulis skripsi, kamu bakalan dapat ilmu dari hasil tulisan skripsi orang dan itu juga bisa sebagai catatan-catatan nantinya ketika kamu mau mengajukan judul skripsi. Pengalaman gue dulu guy, semester pertama itu asik di pustaka induk bagian skripsi. Dulu ane kuliah di IAIN Ar-Raniry, ada yang bilang 1A1N. Hehehe... yang gawatnya lagi guy, ane tu rela meninggalkan kuliah demi baca skrispi orang..hehhehe... "INI JANGAN DIIKUTI YA GUY". Akibatnya guy, Nilai Sejarah ane dapat D guy, hahahaha... dan nilai ini ngak pernah ane ngulang guy, hingga mendapatkan gelar sarjana. Waktu itu ketua jurusan ane tanya: Kamu ngak ngulang ni mata kuliah? Ane jawab aja simple: "Itu jadi kenang-kenangan saya saja bu." 😊😊😊😊 kembali ke awal.. harus banyak baca skripsi orang ya guy..

Kelima; Tentukan dari awal tema pembahasan yang akan kamu angkat jadi skripsi kamu guy, sesuai jurusan kamu. Terutama yang UP2DATE, problem terkini. Caranya adalah dengan banyak membaca, membaca yang kritis dan selektif. Klo kamu misalnya jurusan Fiqh Moderen, kamu bisa liat problem masa kini yang berkaitan dengan fiqh, yang belum ada pada masa fiqh klasik. Kamu baca dan pahami dari berbagai reference. Jangan lupa membuat catatan-catatan yang bisa kamu angkat sebagai judulnya. Kumpulin aja sebanyak2nya permasalah yg kamu temui. Nanti ketika kamu sudah sementer 3 dan 4 sudah bisa memilah-milah dari sekian banyak catatan judul itu mana yang kira-kira layak untuk dibuat skripsi, dan belum pernah diteliti orang. Atau jika ada yang sudah diteliti orang, apa yang membedakannya dengan yang akan kamu teliti.

Keenam; Setelah kamu tentukan judulnya - di semester 4 ya guy, kamu baca sebanyak-banyaknya hal yang berkaitan dengan judul yang akan kamu angkat. Di sini kamu akan menemukan wawasan-wawasan baru serta pemahaman-pemahaman baru, bahkan kamu bisa mempernak judul sebelumnya lagi sesuai hasil bacaan kamu. Membacanya harus kritis dan selektif guy, jangan lupa dicatat pada buku khusus atau notes khusus yg berkaitan dengan judul tadi. Semakin banyak kamu baca referencenya semakin bagus guy. Kamu bisa baca dimama aja, buku, kitab, jurnal, google scholar, artikel, dll.

Ketujuh; Mulailah sedari dini guy, jangan kamu beranggapan terlalu cepat, atau kan masih lama, dll. Biarkan orang lain berpikiran demikian, buat kamu yang pengen cepet selesai, lakukanlah sedari awal. Jangan ada kata NANTI. tapi yang ad adalah MULAI DARI SEKARANG.

Kedelapan; Jika perlu konsulkan kepada dosen-dosen yang kira-kira bisa memberi pencerahan. Atau kepada pembimbing akademik lebih bagus.

Kesembilan; Jangan lupa berdoa guy, sholat 5 waktu lalu berdoa, shalat dhuha guy, tahajud alias qiyamul lail. Agar setiap perjalan pendidikan kita diberkahi dan dimudahkan serta dilancarkan. Orang yang dekat dengan Tuhannya jauh lebih cepet selesai guy ketimbang yang jauh dari Tuhannya, percayalah kata gue. Coba dech kalian liat orang-orang yang dekat dengan Tuhannya, cepet dech selesai kuliahnya. Percaya dech kata gue guy.... Jangan lupa doaen Ibu Bapak kite, dan minta doa dan restu mereka, yakin dech tambah lancar aja tuh kuliahnya. Kebanyakan orang yang sukses itu guy, yang deket ama ibu bapaknya, terutama ibu guy, sering-sering minta didoaen biar kite dimudahkan dalam segela urusan.

Demikian guy, tips dari ane buat teman-teman, adek-adek yang baru kuliah dan sedang kuliah. Moga bermanfaat, terutama buat gue dan keluarga....

Mohon maaf guy, kata-kata dalam tulisan ini amburadur. In syaa allah bisa dimengerti ya .... 😊😊😊😊

Salam sukses....


0 komentar:

Posting Komentar